23 November 2011

the laparoscopy surgery

Persiapan : 22-24 agustus 2011
haiyaa...akhirnya saya berani memutuskan untuk menjalani operasi laparoscopy. And you know what? yes! this is my first time to surgery in my life. rasanya? dag dig dug dhueerr..!! 
Sebelum melaksanakan operasi, saya harus menjalani sejumlah tes : darah, urune, EKG, Thorax. Tes tersebut saya lakukan hari senin, 22 agustus 2011 di laboratorium Klinik Prodia Kramat dengan total biaya sekitar 600 ribuan (saya lupa jumlah pastinya). Dan hasilnya bisa diambil hari itu juga :) karena jarak antara prodia dengan kantor tidak terlalu jauh, maka saya putuskan untuk mengambilnya malam hari sepulang dari kantor.

Lalu, pada hari rabu 24 agustus 2011, saya dijadwalkan untuk bertemu dengan dr. anastesi di Klinik Yasmin. Dan jujur, pada hari rabu itu saya bener-bener gugup. pikiran saya jadi blank, bahkan ketika menuju ke Rumah Sakit, saya tidak konsen nyetir. Alhasil yang ada malah salah belok, jadilah terpaksa muter lewat Jl. Raden Saleh-Cikini-Diponegoro. Udah gitu, pas sampai di Rumah Sakit parkiran mobil penuuhh...!! untungnya ada tempat pakir yang model lift, jadilah saya parkir disana. Karena terburu-buru pula, saya jadi salah bawa hasil lab. Celakanya, saya baru menyadari kalau itu salah setelah saya berada di lantai 4. Terpaksalah saya kembali ke parkiran untuk menukar hasil lab yang benarnya. *tepokjidat, pr banget deh...* Untung dokternya belum dateng.
Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya saya bertemu dengan dokter anastesi. Jreng jreengg....eh, sumpah gak bo'ong ya...dokternya ganteengg...mana badannya atletis lagi...waw waw...sayang gw lupa namanya.. :'( Udah gitu, gw pikir pemeriksaannya cuma baca hasil lab doang, eh ladhala, ndak taunya saya juga diperiksa secara fisik...wooww...dijemek-jemek ciiyynn...ahahaha....yeah you make me blush successfully doc. Dan saya yakin banget itu dokter juga gemeteran tangannya sewaktu megang-megang saya saat pemeriksaan...*GeEr, boleh dowwnngg... ;)
Pemeriksaan itu sendiri gak lama, cuma sebentar. Oh iya, selain itu juga ada sesi tanya-jawab. Dokter menanyakan sejumlah pertayaan yang menurut gw gak penting (tapi menurut profesi mereka itu penting). Setelah itu saya pulang dengan perasaan yang masih campur aduk gak jelas.. ;(

Kamis, 25 agustus 2011
Yup! hari ini seharusnya saya sudah masuk ke Ranap. Tapi dasar badung, saya  minta izin ke dr.Budi kalau saya masuknya malem, setelah saya pulang kantor. Dan syukur beliau mengizinkan saya untuk masuk ranap malam hari. Setelah seharian saya menyelesaikan urusan saya di kantor, saya buru-buru pulang kerumah. Setelah buka puasa dan sholat, jam 20.00wib saya berangkat ke Rumah Sakit dengan diantar suami dan ibu mertua. Sampai RS jam setengah sembilan. Setelah mengurus dibagian administrasi, jam 21an kami baru diperbolehkan memasuki kamar inap. Jam 10an ibu bapak saya datang untuk melihat kondisi saya. Jam 23.00wib mereka semua pamit pulang, tinggalah saya seorang diri.

Dalam kesendirian, saya sama sekali tidak bisa tidur. Kalau toh saya tidur, bukanlah tidur nyenyak tapi hanya sekedar tidur-tidur ayam yang sebentar-sebentar kebangun. Nyerah, pas jam setengah tiga saya bangun dan menghadap sang Ilahi, memohon ampunan dan meminta kelancaran dalam operasi. Hingga jam empat saya menghadpNya. Dan kemudian berusaha untuk tidur lagi. Apa daya, jam 5 saya kembali terbangun. yakin gak bisa tidur lagi, maka saya putuskan untuk mandi dan kemudian saya lanjutkan untuk sholat subuh dan membaca Al Quran.

Jam 6 pagi suster masuk kamar dan memberitahu saya prosedur untuk operasi nanti. Jam 7 saya dipasang infus dan satu jam kemudian saya dibawa keruang operasi. Diruang persiapan operasi, saya bertemu dengan dokter anastesi. Loh kok beda yaa sama yang kemarin..?? ya sutra lah...setelah dikasih suntikan entah apa, saya langsung melayang, pingsan engga (karena saya masih bisa dengar omogan orang-orang disekitar saya). Namun lambat laun saya benar-benar tertidur dan saat siuman saya sudah diruang pemulihan dengan rasa sakit yang teramat sangat mendera seluruh badan saya.

Sekitar jam 16an, dimana kondisi saya dinyatakan stabil; saya dibawa ke kamar rawat inap. Dengan kondisi setengah sadar, saya bisa mendengar dan melihat orang-orang disekitar saya. Jam 17.30, saat saya sudah berada di kamar inap ada suster yang datang untuk mengambil sample darah saya. Karena tidak berhasil, pengambilan darah dihentikan dan dua jam kemudian ada suster yang datang lagi untuk mengambil darah. (dan untungnya langsung sukses). Pasca operasi, saya mendapatkan 3kali suntikan antibiotik yang langsung disuntik melalui selang infus kedalam nadi. Dan itu rasanya beneran juwara sakitnya..!! malam itu saya ditemani suami. Eheheh..yippiiee...

Sabtu, 27 agustus 2011

Bangun pagi langsung disambut dengan suntikan antibiotik. Bikin mood gw ilang pemirsah. Mana gak bisa ngapa-ngapain lagi, gara-gara masih dipasang kateter. Sepagian cuma bisa tiduran dengan rasa nyeri, bener-bener bikin gw bosen dan sakit kepala.

Sampai pada akhirnya jam 12 siang dr.Budi visit ke kamar. Liat kondisi gw dan juga jaitan diperut gw. Selain itu, beliau juga menjelaskan hasil operasi kemarin. Beliau mejelaskan bahwa tuba fallopi sebelah kiri terpaksa dipotong beberapa centi karena sudah terjadi perlengketan dan pembusukan yang diakibatkan oleh infeksi. Sedangkan untuk tuba fallopi sebelah kanan, bentuknya masih normal namun tetap tersumbat. Oleh karena itu, beliau menganjurkan kami untuk mengikuti program IVF.  Karena dari awal konsultasi sudah menyiapkan mental baja, begitu mendengar penjelasan dr.Budi perasaan ini biasa saja (walau tetap ada sedikit rasa kesal dan meyesal). tapi, bagaimanapun juga, dr.Budi tetap menepati janjinya kalau saya boleh pulang malam itu juga.. ;) dan beliau mewanti-wanti kami untuk kembali kontrol hari senin, 5 september 2011. Tapiii...(lagi-lagi) kita bisanya hari kamis, 8 september 2011. Dan dr.Budi cuma bilang :'yaudah, kalau mau ganti hari lapor ke bagian appointment'. ;p thx doc...

RINCIAN BIAYA :

-  Kamar @Rp.1.390.000x2hr      : Rp.  2.780.000
-  Farmasi                                      :Rp.12.105.388,58
-  Operasi                                      :Rp.19.375.000
-  Patology clinic                            :Rp.       68.200
-  Dokter visit                                : Rp.      250.000
                TOTAL                         Rp.34.578.588,58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar